23 Januari 2011

Langkah-langkah Berhenti Merokok (Sebuah Dialog Singkat)


Assalamu'alaikum. wr, wb. Postingan kali ini merupakan sebuah tips bagi mereka yang menginginkan untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Tips-tips ini didasarkan kepada pengalaman kakak ipar saya yang dulunya adalah seorang perokok. Alhamdulillah, sejak 5 tahun yang lalu beliau sudah berhenti merokok. Sengaja dibuat dalam bentuk dialog singkat agar lebih santai dan mudah untuk dipahami. Semoga bermanfaat!

======================================================
Udin: "Saya ingin berhenti merokok, tapi setiap kali saya mencoba saya selalu gagal. Menurut kamu apa yang harus saya lakukan?"
Susi: "Menurut saya, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar bisa berhenti merokok."
Udin: "Apa langkah-langkah itu?"
Susi: "Pertama, kamu harus mempunyai tekad untuk berhenti merokok. Ini adalah hal yang paling penting! Kedua, menentukan target waktu berhenti merokok. Misalnya satu bulan atau dua bulan. Ketiga, mulai mengurangi kebiasaan merokok secara bertahap. Misal, jika biasanya sehari empat batang, kurangilah menjadi 2 batang setiap hari. Keempat, berusaha menjauhi orang-orang yang sedang merokok karena bisa menimbulkan keinginan untuk merokok lagi. Kelima, mengalihkan kebiasaan merokok dengan memakan permen, dan sebagainya. Keenam, tumbuhkan kesadaran  bahwa tanpa merokok kesehatan akan lebih baik, serta terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan merokok. Semoga dengan langkah-langkah ini kamu bisa berhenti merokok."
Udin: "Baiklah, nanti akan saya coba. Doakan saya agar bisa berhenti merokok!"
Susi: "Amin! Semoga berhasil"
Udin: "Terima kasih".
Susi: "Sama-sama".

Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Muhammad Tohir // 04.52
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

Ikhwah fillah, mohon dalam memberikan komentar menyertakan nama dan alamat blog (jika ada). Jazakumullah khairan katsir

 
Semua materi di Blog Catatan Seorang Hamba sangat dianjurkan untuk dicopy, dan disebarkan demi kemaslahatan ummat. Dan sangat disarankan untuk mencantumkan link ke Blog Catatan Seorang Hamba ini sebagai sumber. Untuk pembaca yang ingin melakukan kontak bisa menghubungi di HP: 082256352680.
Jazakumullah khairan katsir.