26 Januari 2011

Pengaturan Menulis Arab di Windows 7

Assalamu'alaikum, wr, wb. Alhamdulillah, malam hari ini ana mendapatkan ilmu lagi. Setelah kebingungan hampir 2 hari karena tidak bisa mengetik arab di Ms. Word dan bertanya kepada Mas Google, serta berjalan-jalan lama di dumay alias dunia maya, akhirnya ana menemukan caranya. Memang banyak tutorial yang ditulis oleh teman blogger mengenai pengaturan ini. termasuk oleh Ust. Taufik disini (Syukran atas ilmunya ustadz!). Namun sayang, tutorial tersebut hanya bisa di aplikasikan pada Windows XP.
Dari komentar beberapa pembaca,  ada pertanyaan yang banyak timbul yang masih belum terjawab dengan detail, yakni bagaimana pengaturan ini  arab ini dilakukan pada Windows 7? (maaf, jika ternyata sudah ada yang menjawab)
Setelah ana bereksperimen (kayak ilmuan saja ya?! he..), ana berhasil menemukan caranya. Dan ternyata sangat mudah. Tidak ribet seperti pada Windows XP yang harus menginstall. Cukup beberapa kali klik, tutorial ini selesai. Tak percaya? Silahkan simak dengan baik. Cekidot!
Seperti pada Windows XP, silahkan buka control panel, kemudian pilih "Region and Language". Maka akan timbul box dialog "Region and Language", seperti ini:
Klik pada tab "Keybord and Language", dan pilih "Change Keybord". 
Pilih tab "General" pada box dialog "Text Service and Input Language". Kemudian klik "add".
Silahkan double klik pada Arab (Saudi ArabiaI) atau klik pada tanda (+) kemudian double klil pada keybord. 
Beri centang pada Arabic (101), Arabic (102), dan Arabic (102) AZERTY.
 
OK kemudian Apply. 
Sekarang komputer sudah bisa mengetik arab!
Alhamdulillah, semoga bermanfaat!

UPDATE 17 Agustus 2011! 
Untuk memulai menulis dimedia yang ada, sangat mudah. Silahkan buka software/media yang akan kita gunakan, kemudian lihat task bar di sebelah kanan, kemudian klik saja  LanguageBar untuk kemudian pilih Arabic Language. InsyaAllah setelah itu bisa mengetik arab.
Catatan:
Usahakan untuk selalu terlebih dahulu membuka media/aplikasi/software yang akan kita gunakan, sebelum memilih bahasa. Karena biasanya (pengalaman) ketika dipilih bahasa lebih dulu kemudian baru membuka aplikasi, bahasa akan kembali ke default yakni bahasa inggris.
Agar lebih mudah coba lihat screenshot berikut: klik gambar untuk memperbesar!

Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Muhammad Tohir // 07.24
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

Ikhwah fillah, mohon dalam memberikan komentar menyertakan nama dan alamat blog (jika ada). Jazakumullah khairan katsir

 
Semua materi di Blog Catatan Seorang Hamba sangat dianjurkan untuk dicopy, dan disebarkan demi kemaslahatan ummat. Dan sangat disarankan untuk mencantumkan link ke Blog Catatan Seorang Hamba ini sebagai sumber. Untuk pembaca yang ingin melakukan kontak bisa menghubungi di HP: 085651103608.
Jazakumullah khairan katsir.

Followers

Komentar Terbaru

Recent Comments

Powered by Disqus