09 Oktober 2015

Cara Mudah Menyimpan Teks Halawan Web/Blog Sebagai PDF di Firefox

Bismillah. Pembaca budiman, malam ini saya mau berbagi cara mudah untuk menyimpan teks pada halaman web/blog dalam bentuk PDF di Firefox. Bagi sebagian kita, mahasiswa biasanya, mencari data atau referensi di internet sudah tidak asing lagi, dan menjadi hal yang lumrah. Jika data atau referensi yang kita inginkan dalam bentuk file PDF, DOC (Ms. Word), PPT (Power Point), dll mungkin tidak ada masalah, karena kita bisa mendownloadnya dan jika ingin membaca ulang cukup buka saja file tadi di komputer kita tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Lalu, bagaimana jika dalam pencarian kita di dunia maya ternyata terdampar di web atau blog yang tersaji dalam bentuk postingan teks? Saya yakin, kebanyakan akan men-copy dan mem-paste teks tersebut ke Ms. Word. Tentu saja, itu cukup ribet. Belum lagi jika ada gambar di antara teks itu, maka proses copy-paste terasa sedikit memberatkan komputer.

Alternatif lain yang bisa dilakukan jika tidak menemukan dalam file yang bisa di unduh, adalah dengan menyimpan halaman web tadi secara langusng. Cukup dengan menekan Ctrl+S maka kita akan diberikan box dialog save as. Hanya saja, pengalaman saya, menyimpan halaman web tidak praktis, karena saat mau membaca ulang kita harus membukanya di browser. Belum lagi, data yang kita simpan biasanya berjumlah banyak. Sehingga jika kita melakukan scan antivirus, proses pemindaian akan terasa lebih lama karena jumlah berkas yang lebih besar jumlahnya.

Karena masalah itu, secara tidak sengaja saya menemukan cara yang sangat sederhana agar kita bisa menyimpan halaman web/blog ke dalam bentuk PDF. Tapi ingat, saat kita ingin menyimpan halaman web/blog, kita harus memiliki koneksi internet dan browser Mozilla Firefox (Silahkan cari di google jika belum punya).

Cara sederhana yang saya maksud adalah memasang add-on di firefox. Aplikasinya bernama Print Friendly & PDF. Jika anda adalah pengunjung setia blog saya ini, saya yakin ada sudah pernah baca postingan saya dengan memanfaatkan penyedia layanan yang sama. Bagi yang belum silahkan baca postingan saya berjudul Memasang Tombol Simpan Artikel dalam PDF di Bawah Postingan.

Apa bedanya? Bedanya, tombol yang kita pasang di bawah artikel kita bertujuan untuk memudahkan pengunjung blog dapat menyimpan postingan kita dalam bentuk PDF tanpa harus ribet copy-paste. Sedangan tips kali ini, bisa digunakan untuk menyimpan artikel di web manapun. Asyik kan?!

Jika tertarik, berikut caranya:

1. Buka Mozilla Firefox Anda

2. Klik “Tools” – “Add-on”. Atau Anda bisa langsung menekan Ctrl+Shift+A (Baca: 100 short-cut di Windows Yang Harus Anda Tahu)

3. Pada kolom search di kanan-atas, ketikan “Print Friendly & PDF”. Sebenarnya cukup “Print Friendly” juga bisa. Maka akan muncul tampilan seperti beriku:

Add on print friendly

Klik tombol Install. Tunggu beberapa saat. Setelah selesai maka akan ada gambar printer di firefox anda. Sekarang anda bisa menyimpan halaman web apapun dalam bentuk PDF.

Setelah install add-on

Sebagai contoh kita akan menyimpan postingan saya malam tadi, Hal-hal yang baru saya temukan setelah Ngaji di Hizbut Tahrir. Setelah halaman terbuka, klik tombol “printer” di firefox, nanti akan ada tampilan “calon” PDF kita.

Tampilan Save PDF 1

Pilih PDF dan Download Your PDF.

Tampilan Save PDF download

Selesai! Semoga bermanfaat! [Muhammad Tohir]

Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Muhammad Tohir // 09.51
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

Ikhwah fillah, mohon dalam memberikan komentar menyertakan nama dan alamat blog (jika ada). Jazakumullah khairan katsir

 
Semua materi di Blog Catatan Seorang Hamba sangat dianjurkan untuk dicopy, dan disebarkan demi kemaslahatan ummat. Dan sangat disarankan untuk mencantumkan link ke Blog Catatan Seorang Hamba ini sebagai sumber. Untuk pembaca yang ingin melakukan kontak bisa menghubungi di HP: 085651103608.
Jazakumullah khairan katsir.

Followers

Komentar Terbaru

Recent Comments

Powered by Disqus