23 Agustus 2012

Cara Menampilkan Subtitle Film di Video Player

Setelah memposting link download Film Omar bin Khattab - The Series yang tayang setiap jam 4 pagi di MNCTV dan Film Fetih 1453 a.k.a Conquest 1453 yang TERNYATA gak keren, kunjungan ke Blog Catatan Seorang Hamba melonjak naik secara drastis. Bayangkan saja, sebelumnya kunjungan hanya berkisar 10 hingga 50 per harinya, namun pasca memposting dua link film itu, trafik visitors blog menjadi sangat padat, bahkan tembus hingga 1800 kunjungan. Subhanallah...

Dan karena banyaknya pertanyaan dari downloader tentang bagaimana cara menampilkan subtitle Bahasa Indonesia di film yang telah di download, maka saya sengaja membuat postingan ini, agar saya tidak mengetik ulang untuk setiap pertanyaan bernada sama.

Pada dasarnya, di dalam dua film diatas tidak ada subtitlenya, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Sebelumnya, yang dimaksud subtitle ada teks percakapan yang akan ditampilkan saat kita memutar film. Agar subtitle timbul, maka kita harus download tentu saja adalah File Film dengan ekstensi *avi, *.mkv, *.mp4, atau yang lain, dan file subtitle yang berekstensi *.SRT atau *.srt. Jika salah satunya tidak ada, maka yang jangan bisa timbul subtitlenya. :)

Setelah mendownload film dan subtitle, maka simpanlah keduanya di dalam satu folder, tidak masalah nyampur dengan file-file yang lain. Selain itu, pastikan juga bahwa nama File Film sama dengan nama file subtitle. Misal, jika file film bernama "Umar1.mp4" maka subtitle harus bernama "Umar1.srt". Perhatikan gambar berikut!
Setelah semua sudah beres, silahkan buka file file dengan Video Player, seperti GOM Player (direkomendasikan), VLC, Media Player Classic, atau yang lain. Jika ingin download, silahkan bertanya kepada Bang Google.  InsyaAllah subtitle akan tampil secara otomatis. 

*******
Jika setelah semua langkah diatas di lakukan namun tetap tidak timbul subtitlenya. Maka ada kemungkinan konten file Subtitle ada yang salah, biasanya adalah berubahnya tanda "-->" (dua strip) menjadi "->" (satu strip). Ini terjadi jika melakukan translate dengan Google Translate. Maka solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti semua tanda "->" menjadi "-->". Agar lebih mudah, ikuti langkah berikut.
  1. Buka file subtitle yang berekstensi *srt dengan Notepad -aplikasi bawaan windows-. Copy semua isinya, dengan cara CTRL+A, kemudian CTRL+C
  2. Pastekan di Ms. Word. Caranya, buka Ms. Word, buat New Document, kemudian CTRL+V.
  3. Tekan CTRL+F, maka akan timbul box dialog "Find and Raplace". 
  4. Pilih tab "raplace". Isikan kolom Find What dengan "->" (satu strip, tanpa petik), dan isi juga kolom Raplace With dengan "-->" (dua strip, tanpa petik). Klik Raplace All. Kemudain close.
  5. Copy dan paste teks yang sudah kita edit, dengan cara CTRL+A, dan dilanjutkan CTRL+C.
  6. Buka kembali file *.srt asal, hapus semua isinya, kemudian paste (CTRL+V). Dan save!
Jika semua langkah ini dilakukan, tinggal ikuti lagi langkah paling atas, InsyaAllah subtitle akan timbul.
Semoga bermanfaat.

Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Muhammad Tohir // 20.10
Kategori:

1 komentar :

  1. ribet banget gan...paling mudah pake vlc player gan,begitu film jalan klik kanan trus pilih video trus klik subtitle..trus pilih open subtitle(pilih folder dmn qt taro donlotan subtitlenya)

    BalasHapus

Ikhwah fillah, mohon dalam memberikan komentar menyertakan nama dan alamat blog (jika ada). Jazakumullah khairan katsir

 
Semua materi di Blog Catatan Seorang Hamba sangat dianjurkan untuk dicopy, dan disebarkan demi kemaslahatan ummat. Dan sangat disarankan untuk mencantumkan link ke Blog Catatan Seorang Hamba ini sebagai sumber. Untuk pembaca yang ingin melakukan kontak bisa menghubungi di HP: 085651103608.
Jazakumullah khairan katsir.

Followers

Komentar Terbaru

Recent Comments

Powered by Disqus